MAF (Mozilla Archive Format) :Simpan Halaman Web dalam satu file



Kali ini gua akan sharing tentang cara menyimpan halaman web secara sederhana. Kenapa gua katakan sederhana, karena rata-rata kalau kita menyimpan sebuah halaman web dengan cara biasa seperti pada browser Mozilla kita klik File > Save Page As... atau klik kanan pada halaman web lalu Save Page As.
Kalo dengan cara itu otomatis akan terdownload semua element pada web tersebut seperti Javascript, Image, Script html, dan banyak element lainnya yang nantinya terkumpul dalam satu folder.
Nah kalo seperti itu nanti akan sedikit lebih ribet karena nantinya akan ada banyak file yang terkumpul pada media penyimpanan kita (FlashDisk/Haddisk).

Kita buat sederhana saja agar menyimpan halaman web lebih simple gag ribet gag terlalu banyak file yang terkumpul, sehingga tatanan file yang ada pada media penyimpanan kita terlihat Rapi.
Nah untuk hal seperti ini gunakan Addon Mozilla yaitu MAF (Mozilla Archive Format), dengan Addon ini nanti semua element web yang akan disimpan akan dijadikan dalam satu file dengan format *.maff .
caranya sama saat kita menyimpan halaman web seperti biasanya, yaitu :
klik File > Save Page As atau
klik kanan pada halaman web lalu Save Page As.
Hanya saja ganti ekstensi atau format halaman web yang kita simpan tadi dari *.html ke *.maff .


Ok langsung saja bisa dicoba sendiri, berikut link donwnload addon MAF (Mozilla Archive Format).


0 comments: