Rahasia Project ARA dari Google

Apa itu Project ARA ??? Project ARA merupakan sebuah project dari Google dalam mengembangkan ponsel atau smartphone dengan konsep modular atau konsep phonebloks sehingga perangkat ini bisa disebut juga sebagai ponsel rakitan. Project ARA ini pertama dikembangkan oleh Motorola yang merupakan perusahaan yang telah diakuisisi oleh Google sejak Agustus 2013 lalu.
Ide awal dari Project ARA ini bermula dari kerja keras designer berusia 25 tahun asal Belanda bernama Dave Hakkens, yang mengenalkan konsep PhoneBloks di YouTube sejak September 2013. Dia memperkenalkan konsep phonebloks ini yang bertujuan agar sebuah ponsel yang mampu memberikan kebebasan bagi para user/konsumen untuk mengkustomisasi smartphone mereka sedemikain rupa dengan menggunakan beberapa modul yang sedang dipersiapkan. Modul-modul tadi dapat berupa pengaturan display, memory, dan lainnya. Untuk video mengenai phonebloks bisa mengunjungi website berikut https://phonebloks.com.
Meski Motorola telah diakuisisi oleh Lenovo, Project ARA tetap dipegang penuh oleh Google. Adapun tagline Google untuk Project Ara adalah “Designed exclusively for 6 billion people”, artinya di desain secara eksklusif untuk enam miliar orang. Tak sabar menunggu perkembangan teknologi dari Project ARA ini, kita lihat saja nanti.


0 comments: